Senin (15/11) Museum Kebangkitan Nasional kembali menggelar seminar daring untuk memeringati Hari Pahlawan. Bekerjasama dengan Komunitas Rembukan Penggiat Sejarah (REMPAH), seminar ini mengusung tema “Kebangkitan dan Folklor Pahlawan”. Saat berlangsungnya kegiatan, seminar ini dihadiri oleh 166 orang melalui media Zoom dan Youtube. Dengan dimoderatori oleh Hana Hanifah (Co-Founder Komunitas REMPAH), seminar ini berjalan dengan lancar hingga pukul 12.00 WIB.

Seminar ini menghadirkan empat narasumber dengan kompetensi yang berbeda-beda untuk memperkaya perspektif masyarakat dalam pengembangan folklor pahlawan.

Narasumber yang pertama adalah Salfia Rahmawati, M.A. Beliau merupakan dosen Antropologi FISIP Universitas Indonesia sekaligus perwakilan dari Asosiasi Antropologi Indonesia (Jabodetabek). Dalam paparannya, belia menjelaskan pengantar mengenai definisi dan fungsi folklor serta aneka ragam dari folklor kepahlawanan. Selanjutnya, narasumber kedua adalah Firman Faturohman, S.Hum. yang merupakan edukator Museum Bahari. Beliau menjelaskan tentang potensi narasi alternatif kebangkitan dan kepahlawanan di museum melalui folklor.

Narasumber ketiga merupakan seorang peneliti yang bernama Burhanuddin Aziz, M.Hum. Melalui pemaparannya, beliau menunjukkan bagaimana transformasi folklor sebagai intangible heritage dan daya tarik wisata bagi masyarakat. Kemudian, seminar ditutup dengan pemaparan mengenai alih wahana narasi folklor kepahlawanan untuk anak-anak dari narasumber keempat yaitu Dr. Riama Maslan Sihombing, M.Sn yang merupakan perwakilan dari Kelas Ilustrasi Buku Anak (KIBA) ITB.

Antusiasme peserta seminar begitu luar biasa, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul di kolom obrolan aplikasi Zoom dan kanal YouTube Museum Kebangkitan Nasional. Diharapkan dengan adanya diskusi ini, dapat membuka potensi baru bagi folklor kepahlawanan dan perjuangan sebagai sebuah warisan budaya tak benda yang dapat dijadikan sebagai alternatif pengetahuan bagi anak-anak sekaligus daya tarik wisata bagi masyarakat.

Webinar “Kebangkitan dan Folklor Pahlawan” dapat ditonton kembali Arde┼čen disini

Materi diskusi dapat diunduh  http://weareconcert.com/projects/133-houndsditch-ec3/ disini

Kategori: Kegiatan