Sabtu (25/9) Museum Kebangkitan Nasional kembali menggelar diskusi daring. Diskusi kali ini mengangkat tema “Peranan Museum dalam Membentuk Persepsi Publik terhadap Sejarah”. Dengan mengundang dua narasumber sebagai perwakilan Perkumpulan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI) dan Indonesian Network for Public History. diskusi ini dihadiri oleh 70 peserta di media Zoom dan Youtube saat berlangsungnya kegiatan. Diskusi ini dimoderatori oleh perwakilan dari Museum Kebangkitan Nasional Zulfa Nurdina Fitri.

Narasumber pertama adalah Bapak Kresno Brahmantyo yang merupakan seorang periset dan sejarawan publik di Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia. Dalam paparan materinya, beliau menjelaskan mengenai museum dalam perspektif sejarah publik, bagaimana masyarakat tumbuh dengan museum melalui sejarah. Selanjutnya, narasumber kedua adalah Bapak Sektiadi yang juga merupakan Dosen Departemen Arkeologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada. Beliau memaparkan mengenai keunggulan museum sekaligus strategi museum dalam meraih atensi publik melalui pameran dan program kegiatannya.

Antusiasme peserta diskusi begitu luar biasa, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul di kolom obrolan aplikasi Zoom dan kanal YouTube Museum Kebangkitan Nasional. Diharapkan dengan adanya diskusi ini, dapat menambah perspektif baru mengenai peranan museum dalam membentuk persepsi masyarakat sekaligus menjadi awal bagi museum untuk meningkatkan partisipasi publik terhadap kegiatan-kegiatan museum.

Diskusi Daring “Peranan Museum dalam Membentuk Persepsi Publik terhadap Sejarah” dapat ditonton kembali Marand disini

Materi diskusi dapat diunduh http://pulsobeat.com/tag/dj-sloepoke/ disini

Kategori: Kegiatan

Buka Chat
Hubungi Kami