Sabtu (11/9) Museum Kebangkitan Nasional menggelar seminar daring yang pertama di tahun 2021. Bekerjasama dengan Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI), seminar ini mengusung tema “Makna Kebangkitan Nasional bagi Kemerdekaan Indonesia” dilihat dari berbagai sudut pandang seperti sejarawan, guru sejarah, budayawan, dan penulis muda. Dihadiri oleh 243 orang melalui media Zoom dan Youtube, seminar ini dibagi menjadi dua sesi dengan menghadirkan empat narasumber.

Dalam sesi pertama, membahas mengenai makna kebangkitan nasional bagi kemerdekaan Indonesia dari perspektif sejarawan dan guru sejarah. Narasumber pertama ialah Bapak Bonnie Triyana yang merupakan sejarawan serta pemimpin redaksi Majalah Historia. Diikuti narasumber kedua, adalah perwakilan dari guru sejarah SMAN 1 Sumberpucung Malang, Bapak Susanto Yunus Alfian. Seminar ini dimoderatori oleh Bapak Lilik Suharmaji yang merupakan Kepala Litbang AGSI.

Pada sesi kedua, pokok bahasan beralih ke makna kebangkitan nasional bagi kemerdekaan Indonesia dari perspektif budayawan dan penulis sekaligus perwakilan dari generasi muda. Narasumber pertama adalah Bapak Zastrow Al Ngatawi, dan yang kedua adalah Virdika Rizky Utama.

Antusiasme peserta seminar begitu luar biasa, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul di kolom obrolan aplikasi Zoom dan kanal YouTube Museum Kebangkitan Nasional. Diharapkan dengan adanya diskusi ini, dapat memperkuat kembali pengetahuan dan pemaknaan masyarakat terkait kebangkitan nasional

Antusiasme peserta seminar begitu luar biasa, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul di kolom obrolan aplikasi Zoom dan kanal YouTube Museum Kebangkitan Nasional. Diharapkan dengan adanya diskusi ini, dapat memperkuat kembali pengetahuan dan pemaknaan masyarakat terkait kebangkitan nasional serta hubungannya dalam kemerdekaan Indonesia.

Seminar daring “Makna Kebangkitan Nasional bagi Kemerdekaan Indonesia” dapat ditonton kembali¬†disini

Materi diskusi dapat diunduh disini

Kategori: Kegiatan

Buka Chat
Hubungi Kami