• Ketentuan Umum
    1. Latar Belakang
      1. Museum Nasional selaku penyelenggara kegiatan LCCM meminta bantuan kepada Museum Kebangkitan Nasional untuk melaksanakan seleksi untuk tingkat DKI Jakarta.
      2. Museum Kebangkitan Nasional membantu sejauh kondisi memungkinkan, dengan berpedoman pada peraturan dan kebijakan yang berlaku pada saat pelaksanaan.
      3. Lomba Cerdas Cermat Museum di Museum Kebangkitan Nasional dilaksanakan sebagai kegiatan pendukungan Pameran Temporer Sejarah Pergerakan Nasional, karena secara penganggaran Museum Kebangkitan Nasional tidak dapat menyelenggarakan lomba sebagai kegiatan mandiri.
      4. Museum Kebangkitan Nasional tidak memiliki perjanjian dan/atau kontrak apapun dengan penyelenggara utama (Museum Nasional) terkait pelaksanaan kegiatan ini, dengan anggaran pelaksanaan sepenuhnya dibebankan pada Museum Kebangkitan Nasional.
      5. Museum Kebangkitan Nasional tidak mengambil keuntungan/mengalami kerugian apapun dengan terlaksananya ataupun tidak terlaksananya kegiatan ini.
    2. Cakupan dan Pendaftaran
      1. Lomba Cerdas Cermat Museum di Museum Kebangkitan Nasional Tahun 2021 (LCC-MKN 2021) hanya menerima peserta dari DKI Jakarta.
      2. Istilah LCC-MKN 2021 adalah terminologi yang bersifat teknis, dipergunakan dalam petunjuk teknis ini untuk membedakan dengan LCC di tempat dan waktu yang berbeda.
      3. LCC MKN 2021 hanya menerima maksimal 24 kontingen peserta, yang mendaftar dengan mengisi formulir sesuai ketentuan.
      4. 1 Peserta merupakan 1 kontingen dari 1 sekolah setingkat SMP yang berlokasi di DKI Jakarta.
      5. 1 kontingen peserta terdiri dari 3 orang pemain TANPA pemain cadangan. Penggantian nama pemain diperbolehkan hingga H-1 pelaksanaan. Sekolah/guru pendamping yang mengajukan penggantian pemain WAJIB MEMBERI KONFIRMASI pada panitia.
      6. Apabila pada hari pelaksanaan dalam 1 kontingen peserta terdapat 1 pemain yang telah terdaftar namun tidak dapat melanjutkan keikutsertaan karena alasan apapun, maka 2 pemain sisanya diizinkan untuk tetap mengikuti lomba. Pemain yang tidak ikut lomba tidak akan mendapatkan sertifikat.
      7. Apabila pada hari pelaksanaan dalam 1 kontingen peserta terdapat 2 pemain yang telah terdaftar namun tidak dapat melanjutkan keikutsertaan karena alasan apapun, maka peserta dianggap GUGUR.
      8. Siswa/siswi yang pernah tergabung sebagai peserta LCCM di Museum Kebangkitan Nasional pada tahun-tahun sebelumnya TIDAK DIPERBOLEHKAN untuk mengikuti kembali. Sekolah diperbolehkan untuk mengikuti kembali dengan catatan melakukan penggantian pemain.
      9. Siswa/siswi yang pada Bulan Oktober 2021 telah dinyatakan lulus/tidak lagi berstatus sebagai siswa di sekolah peserta TIDAK DIPERBOLEHKAN untuk diikutsertakan sebagai pemain.
      10. Guru pendamping/pihak sekolah dipersilakan untuk mendaftar (asalkan sekolah berlokasi di DKI Jakarta) pada waktu pendaftaran yang terbatas dan ditentukan panitia.
      11. Apabila sebelum waktu pendaftaran habis kuota telah tercukupi maka pendaftaran DITUTUP.
      12. Khusus untuk guru pendamping sebagai perwakilan pihak sekolah akan dihubungi untuk mengikuti zoom technical meeting yang akan dilaksanakan pada H-2 pelaksanaan lomba.
    3. Waktu dan Tempat
      1. LCC MKN 2021 terdiri dari dua babak: BABAK PENYISIHAN dan BABAK FINAL.
      2. Babak Penyisihan maupun Babak Final dilaksanakan secara daring (Zoom).
      3. Dalam Babak Penyisihan maupun Babak Final, panitia dan juri berada di Museum Kebangkitan Nasional.
      4. Dalam Babak Penyisihan maupun Babak Final, peserta berada di sekolah/tempat yang disepakati oleh kontingen peserta dengan memperhatikan PROTOKOL KESEHATAN YANG BERLAKU.
      5. Peserta HARUS memastikan tempat tersebut memiliki jaringan internet yang STABIL dan piranti yang MEMADAI.
      6. Piranti yang memadai adalah sebuah kondisi ketika peserta dapat terhubung dengan lomba, mendengarkan instruksi lomba, melihat tampilan visual lomba serta menyampaikan suara mereka untuk menjawab.
      7. Segala kerugian yang terjadi sebagai akibat dari kelalaian peserta untuk melaksanakan protokol kesehatan dan/atau mendapatkan jaringan internet yang stabil dan/atau mendapatkan piranti yang memadai selama penyelenggaraan lomba secara daring BUKAN merupakan tanggungjawab dari Museum Kebangkitan Nasional.
    4. Penjurian
      1. Dewan Juri terdiri dari tiga orang yang diakui kapabilitasnya untuk menilai perlombaan, terdiri dari pemerhati dan/atau praktisi pendidikan sejarah-budaya dan permuseuman.
      2. Dewan juri tidak memiliki kaitan secara langsung dengan sekolah peserta (misal: apabila ybs. seorang guru, maka ybs. tidak mengajar pada SMP/MTs dimana sekolah tersebut menjadi salah satu peserta).
      3. Keputusan dewan juri dalam memberikan nilai tidak dapat diganggu gugat.
    5. Hadiah
      1. Hadiah diberikan pada JUARA I, JUARA II, JUARA III, HARAPAN I, HARAPAN II, dan HARAPAN III, dengan juara I sebagai juara tertinggi.
      2. Hadiah yang diberikan kepada para juara, secara berturut-turut dari juara tertinggi sampai terendah adalah: 6 juta rupiah, 5 juta rupiah, 4 juta rupiah, 3 juta rupiah, 2 juta rupiah, dan 1 juta rupiah. Kesemua bilangan tersebut merupakan nilai hadiah SEBELUM dipotong pajak.
      3. Khusus Juara I secara otomatis menjadi wakil daerah untuk maju ke tingkat nasional yang diselenggarakan langsung oleh Museum Nasional pada Bulan Oktober 2021, dan oleh karenanya berhak mendapatkan pembinaan lanjutan.
  • Ketentuan Teknis LCCM MKN 2021 Babak Penyisihan
    1. Babak Penyisihan dilakukan oleh satu peserta per sesi dengan sistem ranking.
    2. Urutan sesi peserta berdasarkan nomor urut yang diperoleh melalui pengundian pada saat technical meeting.
    3. Kombinasi soal yang didapatkan tiap peserta akan berbeda.
    4. Tiap peserta mendapatkan waktu 3 menit (180) detik untuk menjawab 30 soal dengan metode beruntun (rapid-fire questions)
    5. Skor benar: +10, skor salah: -1, pass: 0.
    6. Apabila 20 soal telah dibacakan sebelum waktu habis dan ada soal yang belum dijawab/pass, soal yang belum dijawab akan dibacakan ulang.
    7. Apabila semua soal telah terjawab baik benar maupun salah, maka sesi dianggap selesai.
    8. Skor tiap peserta akan langsung dimasukkan ke dalam daftar ranking.
    9. Setelah semua peserta selesai melaksanakan sesi, apabila dalam urutan 3&4 dan/atau 6&7 terjadi sengketa/skor sama maka akan diadakan penyisihan lanjutan untuk menentukan posisi 1-3 dan 4-6. Urutan 1-6 berhak melanjutkan ke babak final dan sisanya GUGUR.
  • Ketentuan Teknis LCCM MKN 2021 Babak Final
    1. Babak Final dilaksanakan dua kali, yaitu FINAL JUARA (urutan 1-3) dan FINAL HARAPAN (urutan 4-6).
    2. Tiap pelaksanaan Babak Final terdiri dari satu sesi, yaitu lempar rebut.
    3. Untuk sesi 1, tiap mendapatkan 1 paket soal terdiri dari total 30 soal, dengan waktu untuk menjawab maksimal 10 detik untuk tiap soal. Apabila tidak bisa menjawab/pass maka soal dilemparkan ke peserta di urutan berikutnya, dan apabila tidak dapat menjawab lagi maka dilempar lagi ke urutan berikutnya. Jika tiga peserta tidak ada yang dapat menjawab, soal tersebut HANGUS.
    4. Skor benar: +10, skor salah: -1, pass: 0.
    5. Apabila semua soal telah terjawab baik benar, salah, maupun hangus maka sesi dilanjutkan dengan giliran peserta berikutnya.
    6. Urutan peserta didapatkan berdasarkan undian sebelum lomba dimulai.
    7. Skor tiap peserta akan langsung dimasukkan ke dalam daftar ranking. Skor tertinggi-terendah pada FINAL JUARA akan menjadi Juara I-III, sedangkan skor tertinggi-terendah pada FINAL HARAPAN akan menjadi Juara Harapan I-III.
    8. Apabila dalam urutan 1-3 atau 4-6 masih terjadi sengketa/skor sama maka akan diadakan duel berupa 1 soal dengan jawaban majemuk yang dilemparkan oleh juri kepada peserta yang bersengketa untuk menentukan posisi 1-3 dan 4-6. Semua finalis menjadi juara (I,II,III, Harapan I, Harapan II, Harapan III) dengan penyandang urutan 1 berhak melanjutkan ke acara inti LCCM tingkat nasional, yang diselenggarakan pada bulan Oktober 2021 oleh Museum Nasional.

Kategori: Kegiatan

Buka Chat
Hubungi Kami