Rabu (30/6) Museum Kebangkitan Nasional kembali menggelar diskusi daring. Diskusi kali ini mengangkat tema “Gedung Kebangkitan Nasional dari Kacamata Arsitektur dan Cagar Budaya”. Dengan mengundang dua narasumber sebagai perwakilan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dan Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI), diskusi ini dihadiri oleh 90 peserta di media Zoom dan Youtube saat berlangsungnya kegiatan. Diskusi ini dimoderatori oleh seorang penggiat budaya bernama Muhammad Afif.

Narasumber pertama adalah Cosmas D. Gozali yang merupakan seorang arsitek dan juga Tim Ahli Cagar Budaya Provinsi DKI Jakarta. Dalam paparan materinya, beliau menjelaskan mengenai gaya, elemen, dan ornamen arsitektur dari Gedung Kebangkitan Nasional. Selanjutnya narasumber kedua, Punto A. Sidarto yang merupakan perwakilan dari IAAI memaparkan tentang latar belakang Gedung Kebangkitan Nasional menjadi bangunan cagar budaya serta pemaknaan ulang terhadap tema kebangkitan nasional.

Antusiasme peserta diskusi begitu luar biasa, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul di kolom obrolan aplikasi Zoom dan kanal YouTube Museum Kebangkitan Nasional. Diharapkan dengan adanya diskusi ini, dapat menambah pengetahuan mengenai Gedung Kebangkitan Nasional melalui perspektif arsitektur dan cagar budaya.

Diskusi Daring “Gedung Kebangkitan Nasional dari Kacamata Arsitektur dan Cagar Budaya” dapat ditonton kembali disini

Materi diskusi dapat diunduh disini

Kategori: Kegiatan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Buka Chat
Hubungi Kami