Pernahkan kalian melihat simbol ular yang sedang melilit sebatang tongkat? Simbol itu juga ada loh di STOVIA. Kalau kalian perhatikan simbol panji STOVIA pada gambar di samping, kalian juga akan menemukan gambar seekor ular yang sedang melilit sebatang tongkat.

Sebenarnya apa sih maksud dari simbol tersebut? Yuk kita bahas!

Kontributor: Swa S. Adinegoro untuk muskitnas.net

__________________________________________________________________________________

 

Simbol tadi lazim disebut sebagai Tongkat Asklepios. Asklepios (Latin: Asclepius atau Aesculapius) adalah seorang tabib handal yang berasal dari Yunani. Karena dia begitu hebat dalam bidangnya, Asklepios lalu didewakan sebagai dewa ilmu pengobatan. Dalam mitologi Yunani, dia diceritakan sebagai putra Dewa Apollo, dewa tampan multitalenta yang juga diasosiasikan dengan dunia pengobatan. Asklepios digambarkan sebagai pria tua berjanggut sedang memegang tongkat kayu yang dililit seekor ular. Pemujaan Asklepios juga diikuti oleh Kekaisaran Romawi, dan kultusnya bertahan hingga sekitar abad ke-3 Masehi.

Mitologi Yunani juga menempatkan Asklepios sebagai ayah dari dewi-dewi yang berkaitan dengan dunia kesehatan. Yang paling terkenal di antara mereka adalah Hygieia, dewi kesehatan dan kebersihan. Nama Hygieia mengilhami munculnya kata hygiene atau higienitas (kebersihan). Sebagaimana ayahnya, Hygieia juga identik dengan ular. Simbolnya adalah “Mangkuk Hygieia”, berupa sebuah mangkuk atau gelas yang dililit seekor ular dan kini menjadi lambang umum di dunia farmasi. Baik nama Asklepios maupun Hygieia disebut oleh Hippokrates, Bapak Kedokteran Yunani, dalam sumpah kedokterannya yang termasyhur.

 

Mengapa ular?

Terdapat beberapa pendapat terkait mengapa ular diasosiasikan dengan pengobatan. Ada yang bilang karena ular mengganti kulitnya secara menyeluruh, melambangkan kondisi badan baru yang bagus dan sehat. Ada juga yang berpendapat karena ular dapat digunakan sebagai obat, dan ular juga dapat diartikan sebagai dualisme dalam upaya pengobatan, yang dapat berujung pada kesembuhan ataupun kematian. Dalam bahasa Yunani, kata pharmakon (ϕάρμακον) dapat diartikan sebagai ‘obat’ namun dapat juga berarti ‘racun’. Ular yang merayap di atas mangkuk Hygieia juga dapat diartikan sebagai kebebasan pasien dalam memilih, apakah ia ingin meminum obat itu atau tidak.

 

Simbol yang tertukar

Selain Tongkat Asklepios dan Mangkuk Hygieia, masih ada satu lagi satu simbol era Yunani-Romawi yang berkaitan dengan ular, yaitu Kadukeus (Yunani: Kerykeion; Latin: Caduceus) atau tongkat milik Dewa Hermes (Latin: Mercury). Kadukeus adalah nama dari tongkat bersayap yang dililit oleh dua ekor ular, yang menjadi hadiah dari Apollo kepada Hermes adiknya. Kadukeus kemudian menjadi ciri khas Hermes, dewa penyampai pesan, perdagangan dan pengelana. Karena mirip, terkadang banyak yang salah mengartikan kadukeus sebagai tongkat Asklepios, padahal keduanya memiliki makna yang berbeda. Pada era renaisans Eropa, simbol kadukeus sering dipergunakan di industri percetakan. Hal tersebut berkaitan dengan fungsi percetakan sebagai media penyampai pesan.

Hingga saat ini, Tongkat Asklepios masih kerap dipergunakan sebagai simbol dunia kedokteran. Di Indonesia, penggunaannya turut diperkenalkan oleh STOVIA, sekolah medis untuk kaum bumiputra yang mengajarkan ilmu kedokteran barat. Seperti yang kamu lihat pada gambar di atas, panji atau vandel STOVIA turut menampilkan Tongkat Asklepios yang dilingkari oleh mahkota daun (wreath). Simbol ini juga kemungkinan muncul pada topi seragam para siswa STOVIA. Setelahnya, Tongkat Asklepios juga diadopsi dalam berbagai logo organisasi/instansi yang berkaitan dengan dunia medis, misalnya pada logo Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Di Museum Kebangkitan Nasional, kamu juga bisa menemukan lambang ini pada ruang-ruang yang koleksinya menjelaskan sejarah STOVIA.

 

Referensi:

-Beumer, Mark. “Hygieia, the Goddess of Health.” Dimuat dalam laman Ancient History Encyclopedia. Last modified August 24, 2011. https://www.ancient.eu/article/253/.

-Cartwright, Mark. “Asclepius.” Dimuat dalam laman Ancient History Encyclopedia. Last modified June 20, 2013. https://www.ancient.eu/Asclepius/.

-Rodgers, Timothy Leigh. “The Battle of The Snakes – Staff of Aesculapius vs. Caduceus”. Dimuat dalam laman Premium Care Internal Medicine (tanpa tanggal). https://www.premiumcaremd.com/blog/the-battle-of-the-snakes-staff-of-aesculapius-vs-caduceus

-Definisi kata pharmakon (φάρμακον) dalam laman Wiktionary. https://en.wiktionary.org/wiki/φάρμακον

Categories: Artikel

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *