Jauh sebelum Covid-19 menjadi momok menakutkan, Indonesia (dahulu masih bernama Hindia Belanda) sudah melewati berbagai wabah mematikan bahkan dengan jumlah korban mencapai ribuan. Kebanyakan wabah tersebut disebabkan belum ada kesadaran masyarakat untuk hidup bersih. Ditambah sanitasi buruk dan asupan gizi buruk, memperparah situasi saat wabah menyerang. Lalu apa saja wabah mematikan yang pernah dihadapi bangsa Indonesia? Berikut ini adalah 5 diantara wabah tersebut.

Pada waktu wabah tersebut menyerang, teknologi kesehatan belum canggih dan media penyebaran informasi belum seperti saat ini.  Sementara, obat dari berbagai penyakit yang baru muncul saat itu biasanya ditemukan secara kebetulan. Pun tenaga kesehatan masih jarang dan hanya ada di kota-kota penting. Sementara masyarakat pedalaman cenderung mengandalkan ritual dan aktivitas mistis yang dipercaya menyembuhkan penyakit.

 

Kondisi kita saat ini tentu lebih beruntung. Teknologi kesehatan sudah modern dan ilmu kedokteran berkembang pesat. Media informasi dapat dengan  mudah kita akses. Maka kita harus tetap semangat dan optimis bahwa wabah Corona ini akan kita lewati! Jangan lupa juga saling mengingatkan untuk menjaga pola hidup bersih, mengonsumsi asupan makanan sehat, serta taati selalu kebijakan pemerintah untuk menghentikan penyebaran wabah!

 

________________

Referensi :

1) Arsa, Dedi (2015). “Penyebab Wabah dan Tindakan Antisipatif Pemerintahan Kolonial di Sumatra’s Westkust (1873-1939)”. Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Vol.3, No. 2, Juli-Desember 2015.
2) Muslimah, Aynul dan Wisnu. “Wabah Kolera di Jawa Timur Tahun 1918-1927”. AVATARA E-Journal Pendidikan Sejarah Vol 4, No. 3, Oktober 2016.
3) historia.id
4) merdeka.com
5) tirto.id
6) surabayastory.com

Categories: Artikel

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *