Dalam rangka mempermudah dan menarik minat masyarakat secara umum dan khususnya pelajar untuk belajar sejarah, Museum Kebangkitan Nasional telah mulai berinovasi dengan menggunakan media informasi yang bisa diakses menggunakan smartphone berbasis android, salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi augmented reality (AR).

AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.

Muskitnas AR dapat didownload di playstore dengan besaran 32Mb dan dapat digunakan secara offline.

 

Pada Pameran Keliling yang dilakukan oleh Museum Kebangkitan Nasional pada bagian materi pameran disajikan dengan menggunakan aplikasi AR Muskitnas dan dapat terlihat minat yang tinggi bagi  masyarakat dan pelajar untuk mencoba menggunakan aplikasi ini. Respon mereka setelah menggunakan aplikasi tersebut menunjukkan bahwa penggunaannya sangat membantu dan menarik untuk belajar sejarah.

Konten disetiap media tidak lebih dari durasi dua menit yang menyajikan sejarah tokoh dan koleksi museum. Penggunaan media audio visual ini diharapkan mampu membuat generasi milineal tertarik dengan belajar sejarah sehingga tidak membuat mereka bosan hanya dengan membaca teks. Saat pengunjung yang menggunakan aplikasi Muskitnas AR ini sudah mengunduh file tersebut mereka dapat memutar ulang kembali videonya walau sudah pulang dari Museum ataupun Pameran keliling hal ini mempermudah bagi pengunjung apabila ingin mengingat kembali informasi apabila dibutuhkan.

Categories: Artikel

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *