Museum Kebangkitan Nasional gelar Kemah Museum 2018. Kemah Museum ini diselenggarakan di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta pada 16-17 Agustus 2018.

Kegiatan Kemah Museum diikuti oleh 131 pelajar Sekolah Menengah Pertama yang ada di DKI Jakarta, Bogor, Depok dan Tangerang. Kegiatan Kemah Museum 2018 diikuti dengan antusias oleh para peserta.

“Tujuan terselenggaranya acara ini adalah mengajak para peserta untuk melakukan kegiatan terkait dengan pembelajaran sejarah, pengetahuan umum dan pengembangan potensi diri, melalui kegiatan belajar dan bermain yang asyik.” ungkap Bapak Dian Purwananta selaku penanggung jawab kegiatan Kemah Museum.

Melalui kegiatan ini pula diharapkan peserta mampu memahami sejarah kedokteran dan sejarah pergerakan yang terdapat di Museum Kebangkitan Nasional, untuk kemudian meneladani perjuangan tokoh-tokoh pergerakan guna menumbuhkan jiwa berprestasi yang siap berkontribusi untuk negeri.

“Kegiatan Kemah Museum ini tetap berkualitas seperti tahun sebelumnya, para pesera begitu antusias. Disinilah mereka dilatih memetik nilai-nilai kedisiplinan, kesopanan, kebersamaan, dan tangggung jawab.” ungkap Kak Pingkan Margareth T.F, selaku Narasumber dalam acara Kemah Museum 2018.

Acara dibuka pada Kamis, 16 Agustus 2018 pukul 09.00 WIB, dilanjutkan dengan pendirian tenda masing-masing peserta. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti lomba-lomba yang diselenggarakan, seperti lomba menyanyi lagu nasional, lomba yel-yel, lomba hasta karya, lomba pengetahuan umum, lomba cerdas cermat, hingga lomba khas Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI). Tak luput peserta juga mengikuti Upacara Hari Ulang tahun Republik Indonesia yang ke 73, bersama panitia dan pihak Museum Kebangkitan Nasional. Seperti yang diungkapkan salah satu peserta kemah, Akila (SMP N 199 Jakarta), “Acaranya seru sekali, tapi waktunya kurang. Jadi kita belum kenal seluruh peserta dengan baik. Harusnya ditambahin lagi waktu kemahnya.”

Kebahagiaan peserta sangat terlihat ketika tiba saatnya pengumuman lomba. Penilaian juara merupakan hasil akumulasi poin yang mereka kumpulkan dari nilai setiap lomba yang mereka ikuti dikurangi nilai minus dari hukuman yang mereka terima. Juara umum dalam Kemah Museum 2018, adalah sebagai berikut:

  1. Juara pertama (I) diraih oleh SMP Negeri 199 Jakarta dengan skor 423
  2. Juara kedua (II) diraih oleh MTs Negeri 3 Bogor dengan skor 383
  3. Juara ketiga (III) diraih oleh SMP Negeri 115 Jakarta dengan skor 379
  4. Juara harapan (I) diraih oleh SMP Negeri 289 Jakarta dengan skor 368
  5. Juara harapan (II) diraih oleh SMP Negeri 247 Jakarta dengan skor 364
  6. Juara harapan (III) diraih oleh SMP Negeri 8 Jakarta dengan skor 360

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *