Pameran Bersama pendukungan ASIAN GAMES tahun 2018 di Palembang dilaksanakan selama satu bulan dimulai tanggal 31 Juli sampai dengan 30 Agustus 2018 yang bertempat di ruang pamer temporer Museum Balaputeradewa. Pembukaan pameran dilaksanakan pada hari Selasa, 31 Juli 2018 di halaman Museum Balaputeradewa.

Kegiatan pembukaan diisi dengan Penampilan tari-tarian tradsional dan peninjuaan keruang pameran. Pembukaan pameran di hadiri oleh tamu undangan, pegawai Museum, serta pelajar-pelajar setingkat Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Kegiatan Pembukaan Pameran tersebut diisi serangakaian acara yaitu laporan dari Panitia yang di wakili oleh Kepala Museum Kepresidenan RI Balai Kirti selaku coordinator Pameran bersama ini yaitu Ibu Amuwarni Dwi Lestari Ningsih.

Selanjutnya sambutan dari Gubernur Sumatera Selatan Selaku tuan rumah dari pameran ini yang di wakili oleh Asisten Administrasi dan Umum Sekretariat Daerah Sumsel Prof. Dr. Edwar Juliartha iya mengapresiasi atas penyelenggaraan Pameran Bersama yang dilaksanakan oleh UPT di Lingkungan Kemdikbud sebagai dukungan dari ASIAN GAMES di Palembang. Beliau juga menyampaikan Kegiatan yang ada di Sumatera Selatan yang  bertaraf Internasional sejak tahun 2004 sudah sering dilakukan sekaligus sebagai bentuk eksistensi Sumsel sendiri, penyelenggaraan kegiatan tersebut juga diiringi dengan pembangunan infrastruktur serta fasilitas-fasilitas penunjang dan pemerintah pun masih terus berusaha yang terbaik untuk mensukseskan ASIAN GAMES 2018. Sambutan dari Dirjen Kebudayaan yang diwakili oleh Kepala Museum Nasional yaitu Pak Siswanto dalam sambutannya beliau menyampaikan, “pameran ini sebagai dukungan terhadap ASEAN GAMES yang dilaksanakan Museum di bawah lingkungan kemdikbud yaitu Museum Nasional, Museum Kebangkitan Nasional, Museum Benteng Vredeberg, Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, Museum Perumasan Naskah Proklamasi dan Museum Sumpah Pemuda serta kerja sama dengan Direktorat PCBM, Museum Negeri Balaputeradewa, Museum AKA Gani dan Balai Arkeologi Sumatera Selatan. Selain kegiatan pameran selama sebulan terdapat rangkaian acara pendukung yang dilaksanakan antara lain Seminar, Diskusi, Belajar bersama di Museum, serta perlombaan-perlombaan untuk tingkat siswa”.

Selesai memberikan sambutan bersama kepala-kepala Museum penyelenggara Pameran dilakukan pemukulan gong sebagai simbolis pembukaan pameran. Acara selanjutnya adalah peninjauan ruang pameran, tamu undangan dipersilahkan menuju ruang pameran dengan diiringi tarian kreasi dari anak-anak pelajar. Setelah menuju ruang pameran acara dilanjutkan dengan makan siang didahului dengan pemberian media promosi  dan informasi dari masimg-masing museum peserta pameran kepada tamu undangan khususnya para pelajar.

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *