Minggu, 17 Mei 2020 - 12:11:34 WIB
Lilin Kebangkitan Juga Berpendar di Kota Tepian
Diposting oleh : Muskitnas
Kategori: Artikel - Dibaca: 353 kali

Kemarin kita sudah membahas Tugu Kebangkitan Nasional yang terletak di Surakarta. Tahukah kamu, kalau ternyata Surakarta bukan satu-satunya kota yang memiliki monumen untuk memperingati Kebangkitan Nasional? Ada satu lagi tugu yang dibuat setelahnya, berlokasi di Kalimantan Timur. Penasaran? Yuk baca artikel ini!

Kontributor: Swa S. Adinegoro untuk muskitnas.net

 

 

 

 

 

 

Pembangunan Tugu Kebangunan Nasional di Samarinda erat kaitannya dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang pertama (waktu itu masih disebut Hari Kebangunan Nasional) pada tahun 1948. Kala itu, situasi politik dalam negeri sedang memanas. Republik Indonesia yang usianya masih relatif sangat muda bagai terombang-ambing dalam kemelut politik di antara berbagai entitas politik yang berbeda visi. Singkatnya, pemerintah merasa perlu untuk menyatukan kembali bangsa ini dengan memperingati sebuah peristiwa yang fundamental dalam pergerakan kebangsaan. Maka dipilihlah tanggal pendirian Boedi Oetomo, sebuah organisasi moderen pertama yang dibuat oleh kaum bumiputera sebagai basis terjadinya “kebangunan nasional”.

Salah satu tokoh yang menangkap makna dari pentingnya Hari Kebangunan Nasional adalah Abdoel Moeis Hassan (bedakan dengan Abdoel Moeis, tokoh nasional asal Sumatera Barat), seorang pejuang republiken di wilayah Kalimantan Timur. Beliau, yang kala itu juga menjabat ketua Ikatan Nasional Indonesia (INI) Cabang Samarinda kemudian menggagas pendirian sebuah tugu untuk memperingati peristiwa kebangunan nasional. Tugu tersebut dibangun di halaman Gedung Nasional Samarinda, yang saat ini berlokasi di Jalan Panglima Batur.

 

Peletakan batu pertama Tugu Kebangunan Nasional Samarinda oleh AM. Hassan

(Sumber foto: public domain)

 

Pembangunan tugu dimulai tanggal 20 Mei 1948, dan diresmikan pada bulan Agustus di tahun yang sama. Peletakan batu pertama dan peresmiannya dilakukan oleh Abdoel Moeis Hassan sendiri. Pada waktu peresmiannya, dikabarkan bahwa pihak kolonial setempat sempat berupaya untuk menggagalkan acara, namun tidak berhasil karena besarnya antusiasme massa. Dilihat dari bentuknya, nampak bahwa desain dari tugu ini berkiblat pada Tugu Kebangkitan Nasional di Surakarta, yang memang didirikan 14 tahun lebih awal. Kemiripan tersebut menunjukkan adanya penerimaan gagasan dan semangat yang sama dalam memaknai dan mengabadikan peristiwa kebangkitan nasional dalam bentuk monumen.

Bung Karno tercatat pernah mengunjungi tugu ini pada tahun 1957. Waktu itu beliau sedang melakukan kunjungan ke Kota Samarinda, termasuk menghadiri sebuah acara yang diadakan di Gedung Nasional Samarinda (lihat fotonya di sini). Sayangnya, selain itu tidak banyak lagi informasi yang bisa digali mengenai riwayat tugu yang masih mempertahankan nama ‘kebangunan’ tersebut.

Saat ini Tugu Kebangunan Nasional di Samarinda sedang diusulkan sebagai Cagar Budaya. Ia masih tegak berdiri meskipun nampak jelas permukaan tanah di sekelilingnya bertambah tinggi. Semoga keberadaan tugu ini bisa tetap lestari, sebagai pengingat bagi kita semua bahwa Kebangkitan Nasional adalah sebuah momentum nasional. Berawal dari ‘bangun’ dan tersadar, bangsa kita mampu untuk ‘bangkit’ dan bergerak demi mengejar cita-cita bersama.

 

Referensi:

Hasan, Ellie. Tanpa Judul (Narasi mengenai foto kunjungan Bung Karno ke Kota Samarinda Tahun 1957). Dimuat dalam akun @galeri_samarinda_bahari, 20 Mei 2019.

https://www.instagram.com/p/Bxq9l0Ap82k/?utm_source=ig_web_copy_link

Isnaeni, Hendri F. Asal Usul Peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Dimuat dalam laman historia.id, tanpa tanggal.

https://historia.id/politik/articles/asal-usul-peringatan-hari-kebangkitan-nasional-vqrkZ

Rahman, Arief. Cegah Lenyapnya Cagar Budaya, Disbud Bentuk Tim Ahli. Dimuat dalam laman sejarahkaltim.com, 13 September 2018.

https://www.sejarahkaltim.com/2018/09/cegah-lenyapnya-cagar-budaya-disbud.html

Sarip, Muhammad. Asal Usul Hari Kebangkitan Nasional di Kaltim. Dimuat dalam laman sejarahkaltim.com, 19 Mei 2019.

https://www.sejarahkaltim.com/2019/05/asal-usul-hari-kebangkitan-nasional-di.html

Yan, Edy. Riwayat Gedung Nasional Samarinda. Dimuat dalam laman blog pribadi, 31 Agustus 2016.

http://edy74yan.blogspot.com/2016/08/gedung-nasional-samarinda.html

Sumber gambar pranala : laman blog Ipeth Chiel

 

 



» Berita Terkait






Artikel (123)
Berita (24)
Kajian (7)
Kegiatan (0)
Publikasi (1)
Virtual Tour Muskitnas (1)