Selasa, 27 November 2018 - 15:38:16 WIB
Kegiatan Jelajah Museum 2018: “Pahlawanku Idolaku"
Diposting oleh : aisyah
Kategori: Berita - Dibaca: 302 kali

 Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional 2018, Museum Kebangkitan Nasional menyelenggarakan kegiatan jelajah museum dengan tema “Pahlawanku Idolaku”. Bekerja sama dengan Yayasan Belantara Budaya Indonesia, Kegiatan ini berlangsung setiap hari Sabtu selama bulan November 2018. Peserta kegiatan jelajah museum ini merupakan para pelajar SD se-DKI Jakarta.

Kegiatan jelajah museum ini berlangsung di tiga museum yaitu Museum Kebangkitan Nasional, Museum Sumpah Pemuda, dan Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Ketiga museum ini merupakan museum yang menjadi tiga tombak penting sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Museum Kebangkitan Nasional sebagai tempat didirikannya organisasi Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908, dimana Boedi Oetomo sendiri merupakan organisasi pemuda modern pertama di Nusantara, Museum Sumpah Pemuda sebagai tempat diikrarkannya Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928, serta Museum Perumusan Naskah Proklamasi tempat disusunnya teks proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 16 Agustus 1945 yang menjadi puncak dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Melalui kegiatan ini, diharapkan para pelajar sebagai generasi penerus bangsa dapat memaknai dan menghargai tentang perjuangan para pahlawan yang telah berkorban bagi kemerdekaan bangsa Indonesia. Selain itu, melalui kegiatan ini mereka juga dapat mendapat pendidikan sejarah sejak usia dini, sehingga diharapkan mereka dapat merasakan semangat nasionalisme pada diri masing masing. Tentunya, para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini.



» Berita Terkait






Artikel (84)
Berita (24)
Kajian (6)
Kegiatan (0)
Publikasi (1)